7 Alasan kenapa kucing suka menjilati kantong plastik

Thursday, March 20, 20140 comments

7 Alasan kenapa kucing suka menjilati kantong plastik
Pernah melihat kucing anda menjilati kantong plastik bekas belanjaan anda? Astaga, apakah kucing berevolusi dari karnivora menjadi "plastikvora"??? Haha, tentu saja tidak mungkin, karena bagaimanapun juga plastik itu bukan bahan makanan, bahkan tanah pun enggan mencernanya. Lalu kenapa si kucing suka menjilati plastik??? Hmm, kita akan bahas fenomena ini dalam postingan kali ini.

Menurut catster.com, terdapat setidaknya 7 alasan kenapa kucing suka menjilati kantong plastik. Dan berikut ini adalah 7 alasan yang dikemukakan oleh salah satu situs kucing ternama dunia tersebut.

1. Bau makanan
Plastik lunak memiliki pori yang cukup kuat untuk "menyimpan" bau dari benda yang pernah menyentuhnya. Masuk akal jika bau daging, ikan, atau makanan lain yang kita beli dari pasar terperangkap dalam plastik bungkusnya. Sementara penciuman kucing lebih tajam dari penciuman anjing, tidak mengherankan jika plastik bekas tersebut dikira makanan oleh si kucing.

2. Menyenangkan untuk bermain
Plastik yang diremas-remas menghasilkan bunyi yang mungkin terdengar seperti suara binatang pengerat yang tengah berlarian bagi si kucing. Sehingga berguling-guling dan menjilati plastik tersebut terasa menyenangkan untuk melepas kebosanan si kucing.

3. Memiliki rasa tepung jagung
Saat ini sudah lumayan banyak digunakan plastik yang berbahan biodegradable seperti tepung jagung (terutama di negara maju yang peduli lingkungan). Nah, si kucing sepertinya berhasil menemukan "rasa jagung" dalam plastik tersebut, sehingga menjilatinya.

4. Memiliki rasa lemak
Konon, salah satu bahan dasar pembuat plastik adalah stearat yang terbuat dari lemak. Bahkan beberapa plastik dikatakan memiliki kandungan lanolin (zat yang membut bulu domba terasa berminyak). So, "rasa dan bau" ini kemungkinan besar menggoda indera penciuman karnivora semacam kucing.

5. Tekstur plastik enak dilidah kucing
beberapa ahli berpikir jika tekstur plastik yang lembut mungkin terasa enak di lidah kucing. Selain itu, suhu plastik juga dicurigai menjadi salah satu faktor kenapa kucing suka menjilatinya.

6. Feromon
Dipercaya bahwa beberapa jenis plastik mengandung semacam senyawa yang mirip dengan feromon, sehingga kucing tertarik menjilatinya. Hal ini juga menjelaskan kenapa beberapa anak kucing suka pipis di atas plastik.

7. Pica
Pica merupakan sebuah dorongan mental yang membuat kucing mencoba memakan sesuatu yang bukan makanannya untuk mendapatkan nutrisi yang tidak didapatkannya dari makanan pokoknya. Seperti kucing yang memakan rumput. Dan kemungkinan perilaku ini juga yang mendorong si kucing untuk mencoba memakan plastik.

Referensi : catster
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger