Bonsai Kitten, Kontroversi Kucing Dalam Botol Yang Menggemparkan Dunia

Wednesday, September 11, 20130 comments

Foto ilustrasi bonsai kitten
Beberapa waktu yang lalu, ketika kami memposting foto-foto kucing Fleksibel, ada pembaca kucinggue yang memberikan informasi bahwa kucing-kucing yang ada di dalam foto tersebut adalah kucing-kucing hidup yang dipaksa masuk ke dalam sebuah botol dan diperjualbelikan di Jepang. Kami sangat berterima kasih atas infonya tersebut, sehingga kami pun mencaritahu kebenarannya. Hingga kami menemukan fakta sebagai berikut :

"Kucing dalam wadah" yang terlihat seperti pada foto di atas dikenal di dunia maya dengan nama "Bonsai Kitten". Situs pertama yang menelurkan foto-foto kontroversial tersebut adalah bonsaikitten.com. Menurut wikipedia, situs tersebut adalah sebuah situs yang dibuat oleh seorang mahasiswa MIT university yang dikenal dengan nama Dr. Michael Wong Chang.

Situs tersebut mengklaim menemukan karya seni baru yang disebut "The Lost Art", yaitu sebuah metode menumbuhkan seekor anak kucing dalam berbagai bentuk. Mereka menyuntikkan sebuah zat tertentu ke dalam tubuh seekor anak kucing, lalu memasukkannya ke dalam sebuah wadah. Anak kucing tersebut tetap mendapatkan suplai oksigen dan makanan selama berada di dalam wadah. Sehingga tubuh si anak kucing akan tumbuh mengukuti kontur botol. Metode ini mirip seperti cara menghasilkan buah semangka berbentuk kotak di Jepang.

Menurut Michigan Society for the Prevention of Cruelty to Animals (MSPCA), meskipun konten dari situs tersebut bisa saja dipalsukan, tetapi dengan adanya foto-foto kontroversialnya, hal tersebut bisa saja membuat orang terinspirasi untuk melakukan kekejaman terhadap binatang.

Pada 30 Oktober 2000, bonsaikitten menjadi "Cruel Site of the Day" pada website Cruel.com. Karena banyaknya komplain, link bonsaikitten yang dipajang di cruel.com pun dihapus. Namun, seperti kebanyakan informasi di dunia nyata, isi dari bonsaikitten secara sangat cepat menyebar ke seluruh dunia sehingga membuat para pecinta binatang di seluruh dunia melapor kepada Animal Welfare Institute and the Humane Society of the United States

Animal welfare group kemudian mengeluarkan 'fatwa' bahwa bonsai kitten adalah HOAX. Semua yang ditampilkan di dalam bonsaikitten tidaklah nyata. Dan karena banyaknya kecaman, MIT pun dituntut untuk menghapus blog tersebut.

Namun akhir-akhir ini bonsaikitten kembali naik daun. Pasalnya ada yang menghidupkan kembali situs tersebut. Bahkan ada yang membuat foto-foto baru mengenai 'kucing dalam wadah' ini yang membuatnya seolah benar-benar nyata.

Parahnya lagi, situs tersebut terakses juga oleh pengguna internet dari negara-negara yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih dibawah rata-rata, kemudian disebarkan dalam bahasa sehari-hari mereka berdasarkan apa yang mereka lihat dari foto yang terpajang, bukan dari informasi yang seutuhnya. Alhasil, jadilah kehebohan baru di kalangan pecinta binatang dan pengguna internet generasi sekarang ini.

Semoga informasi ini dapat menjadi rujukan dan penengah dari kekacauan informasi yang kita serap selama ini mengenai bonsai kitten. Jika ada yang kurang percaya atau kurang setuju, itu hak anda. ^_^

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger