Ternyata kucing juga bisa jerawatan loh!!!

Saturday, July 13, 20130 comments

feline acne, jerawat pada kucing
sumber gambar : pets.webmd.com
Kalau anda pernah memperhatikan dengan sangat seksama, mungkin anda akan mendapati kucing anda memiliki bintik kecil berwarna hitam di kulitnya, kemungkinan besar di bagian dagunya. Ada kemungkinan itu bukanlah kutu atau kotoran. Bisa saja itu adalah jerawat.

Jerawat pada kucing (feline acne) sangat berbeda dengan jerawat pada manusia. Jerawat pada kucing umumnya berupa bintik hitam kecil di bagian dagu. Itu adalah pori-pori yang terseumbat. Banyak orang keliru menganggapnya sebagai kutu atau kotoran. Jika dibiarkan saja pori-pori yang tersumbat tersebut dapat membesar dan menyebabkan infeksi hingga menjadi pustula. Paling sering jerawat ini tumbuh di bagian bawah bibir dan dagu, tetapi terkadang juga tumbuh di bagian atas bibir.

Faktor yang paling utama sebagai penyebab munculnya jerawat ini adalah mangkuk makanan atau minuman yang terbuat dari plastik. Plastik dapat menjadi tempat tumbuh bakteri dan ketika si kucing makan atau minum, maka bakteri tersebut pindah ke kucing melalui dagi si kucing yang menempel di mangkuk plastik tersebut.

Sehingga, mengganti mangkuk plastik dengan mangkuk besi atau keramik dapat menjadi salah satu solusi mencegah tumbuhnya jerawat pada kucing ini. Selain itu, sebaiknya anda mencuci mangkuk tersebut menggunakan air hangat setiap hari.

Penyebab lain munculnya jerawat pada kucing adalah makanan yang buruk, parasit, alergi, dan jamur. Beberapa ras kucing tidak memiliki kemampuan yang baik dalam membersihkan diri mereka sendiri, dan tidak bisa menjaga bagian dagu mereka agar tetap bersih.  Lihat saja kucing Persia, setelah minum biasanya dagu mereka akan basah dan terkadang kotor.

Dokter hewan perlu melakukan beberapa tes terhadap kondisi kulit si kucing, seperti mengambil sample kulit untuk dilakukan tes mikroskopik, dan skin cytology untuk mengetahui infeksi jamur yang mereka derita.

Penting bagi anda untuk menjaga agar kulit dan bulu si kucing selalu bersih. Shampoo kucing sepertinya dapat sangat membantu. Dan dalam beberapa kasus, mungkin dokter hewan langganan anda akan menyarankan untuk menggunakan shampoo obat yang mengandung benzoyl peroxide

Selain menggunakan shampoo, ada juga cara lain untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu si kucing, yaitu dengan suntikan obat. Namun saya rasa cara yang paling aman, paling murah, dan paling sederhana adalah dengan selalu menjaga kebersihan si kucing. Yeah, membantu mengeringkan dagu si kucing kalau basah sehabis minum, atau menggroomingnya setiap 2 minggu sekali, saya rasa cukup berdampak baik. ^_^

Referensi : palmbeachpost
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger