Pria penyelamat kucing jalanan di Jakarta

Tuesday, July 9, 20130 comments

Foto Pak Handoko dengan kucing-kucing jalanan yang dirawatnya
Seolah menutup mata akan keberadaannya, kita terkadang tanpa iba menelantarkan binatang seperti kucing di jalanan dengan beberapa alasan klasik seperti 'mereka hanyalah binatang yang mengganggu'. Namun berbeda dengan pria yang satu ini.

Handoko (64), pria baya yang tinggal di Cileduk ini, begitu menaruh perhatian terhadap kucing-kucing jalanan. Hingga saat ini, beliau telah menghidupi setidaknya 35 ekor kucing kampung di rumahnya. Selain itu sekitar 10 hingga 20 ekor kucing jalanan lainnya yang setiap hari mendatangi rumahnya, juga beliau kasih makan.

Kebanyakan kucing yang tinggal di rumah Pak Handoko berkeliaran secara bebas di area rumah. Namun ada juga yang dikandangkan yaitu kucing yang sakit, kucing yang baru dipungut, atau kucing yang sering berantem dengan kucing lainnya.

Kepedulian Pak Handoko terhadap kucing-kucing jalanan tersebut dimulai sejak tahun 2003. Awalnya Pak Handoko hanya memungut kucing-kucing jalanan yang sakit, atau anak kucing yang yatim piatu. Namun, karena pada saat itu beliau masih tinggal di kompleks, beliau tidak bisa memungut banyak kucing, akibat dari keterbatasan tempat dan juga komplain dari warga.

Pada tahun 2008, Pak Handoko pindah ke rumah baru. Di rumah barunya ini, Pak Handoko dapat menampung lebih banyak kucing jalanan. Pak Handoko pun tak segan merogoh kantongnya sendiri untuk merawat kucing-kucing tersebut. Bahkan besarnya biaya perawatan kucing tak lagi dipikirkannya.
“Tentu saja berat. Biaya merawat kucing memang tidak sedikit, apalagi di sini ada puluhan kucing. Biaya untuk memberi makan mereka sehari saja sudah berapa. Namun kalau soal itu saya tidak begitu memperhitungkan,” ungkap Pak Handoko seperti dikutip dari pesatnews.com.
Meskipun biayanya tidaklah sedikit, Pak Handoko tetap memberikan makanan yang layak bagi kucing-kucing yang dirawatnya tersebut, seperti dry food atau nasi dengan ikan untuk kucing dewasa, dan wet food untuk kucing-kucing kecil.

Referensi : pesatnews
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger