Mengenal Kucing Pixie-bob

Thursday, July 18, 20130 comments

foto kucing pixie-bob
Kucing Pixie-bob merupakan satu ras kucing domestik yang diklaim oleh pengembangnya, Carol Ann Brewer dari Washington, sebagai keturunan alami dari persilangan kucing hutan (bobcat). Namun tes DNA menunjukkan sebaliknya. Tidak ditemukan DNA kucing hutan dari kucing Pixie-bob ini. Sehingga DNA kucing ini dianggap sepenuhnya domestik.

Kucing Pixie-bob merupakan kucing domestik yang dibiakkan dengan penampilan yang menyerupai kucing hutan Amerika Utara (North American Bobcat). Untuk kucing yang bersertifikasi TICA, salah satu dari induknya haurs memiliki garis keturunan dari StoneIsland Pixie, yang merupakan inspirasi asli dari kucing ras ini.

Kucing Pixie-bob memiliki tubuh yang besar atau bahkan lebih besar. Namun rata-rata berat mereka hanya sekitar 5 kg. Sangat sedikit sekali breeder yang membiakkan yang berukuran lebih besar dari itu. Kucing jantan cenderung berukuran lebih besar dibandingkan dengan yang betina. Masa pertumbuhan kucing Pixie-bob adalah selama 4 tahun. Bukan satu tahun seperti kebanyakan kucing domestik pada umumnya.

Kebanyakan kucing Pixie-bob memiliki kulit dan bulu berwarna hitam pada bagian ujung telinga, pangkal cakar, rambut lebat di telinga, bibir hitam, dan bulu putih di sekitar mata tetapi dengan kulit berwarna hitam. Terdapat bulu putih di bagian dagu, tetapi biasanya kulit tempat tumbuhnya bulu tersebut tetap berwarna hitam. Warna kumis mereka pada bagian dasar (sekitar 25%) berwarna hitam, sisanya hingga ujung berwarna putih.

Kucing Pixie-bob memiliki pola bulu yang menyerupai kucing bobcat, tetapi biasanya agak kemerahan. Kebanyakan dari mereka berbulu pendek, tetapi ada juga beberapa yang berbulu panjang. Bola mata mereka berwarna biru ketika masih bayi, kemudian berubah menjadi hijau atau keemasan ketika sudah berumur beberapa bulan.

Meskipun namanya "bob", kucing ini tidak semuanya memiliki ekor yang sangat pendek. Beberapa hanya sepanjang 2-4 cm, tetapi ada juga yang ekornya panjang. Belum diketahui keterkaitan kucing ini dengan ras-ras kucing berekor super pendek seperti kucing Manx, American Bobtail, atau Japanese Bobtail.

Dikatakan kucing ini memiliki kecerdasan yang tinggi, sosial, aktif tetapi tidak hiperaktif, dan senang bermain dengan binatang lain. Mereka juga dikenal jarang mengeong, bahkan ada yang tidak mengeong. Justru mereka lebih sering menggeram atau semacam mendengkur, begitu.

Kebanyakan kucing Pixie-bob benar-benar sangat ramah terhadap pemiliknya ataupun kepada orang asing. Kebanyakan kucing jenis ini sangat senang berada pada ruangan yang sama dnegan sang pemilik dan akan mengikuti pergerakan pemilknya selama di rumah.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger