Cara menangani kucing yang takut petir

Thursday, July 25, 20130 comments

Cara menangani kucing yang takut petir
Tentu saja tidak semua kucing peliharaan dapat tenang ketika terdengar suara petir menyambar-nyambar di langit. Apalagi pendengaran kucing jauh lebih peka daripada kita. So, apa yang bisa kita lakukan jika kucing peliharaan kita begitu terusik dengan suara petir yang menyambar-nyambar??? Hmm, ada beberapa kita dari catster.com nih yang mau kucinggue bagikan untuk pecinta kucing Indonesia.

1. Kucing bereaksi terhadap perubahan cuaca, dan itu normal
Beberapa ilmuwan menyatakan dalam hipotesanya bahwa perubahan tekanan udara yang menandakan adanya perubahan cuaca, serta pendengaran kucing yang sangat peka, membuat kucing mampu mengetahui kedatangan petir sebelum kita tahu itu akan datang. Hal ini bisa membuat si kucing merasa nervous. Jika anda melihat kucing anda bertingkah aneh dan anda memprediksi akan segera datang hujan, anda bisa melakukan beberapa tindakan jaga-jaga sebelum cuaca semakin menggila. Menutup pintu dan jendela misalnya.

2. Pastikan kucing kesayangan anda berada di dalam rumah
Jika kucing anda berada di luar rumah, segera panggil dia sebelum hujan turun, atau seenggaknya pastikan ada jalan masuk ke dalam rumah bagi si kucing. Apalagi, bagi anda yang tinggal di daerah yang sering dilanda badai, kebersamaan kalian berdua di dalam rumah saat terjadinya badai, akan membuat anda dan kucing anda merasa lebih tenang.

3. Sikap anda adalah kuncinya
Kucing dapat merasakan perasaan manusia. Jika anda merasa gelisah saat ada badai, kucing anda dapat merasakannya juga. Sehingga dia akan dapat 'tertular' cemas, dan gelisah. Berusahalah untuk tetap tenang.

4. Obat penenang mungkin bisa membantu
Bach Rescue Remedy merupakan semacam sari bunga yang diciptakan untuk membantu tubuh dan pikiran menghadapi rasa takut atau trauma. Gosokkan pada bagian ubun-ubun si kucing. Tenang saja, essensial untuk binatang ini bebas alkohol.

5. Jika kucing anda ingin bersembunyi, biarkan saja
Merupakan sebuah insting alami bagi kucing untuk mencari perlindungan ketika terjadi badai. Biarkan kandangnya terbuka dan letakkan selimut di dalamnya. Semprotkan feliway di bagian dalam kandang sebelum si kucing masuk. Jika kucing anda merasa aman berada di bawah ranjang atau di dalam gudang di rumah anda, biarkan saja.

6. Jika kucing anda menginginkan kenyamanan, berikanlah
Beberapa orang mengatakan kalau lebih baik abaikan kucing anda yang ketakutan saat ada petir. Namun kami tidak sependapat, berikut ini alasannya ; Jika anda melihat anak kecil ketakutan dan menangis, apakah anda akan membiarkannya sendirian??? Tentu tidak bukan??? Anda pasti akan mendatanginya, memeluknya dan menenangkannya. Begitu juga yang sebaiknya anda lakukan terhadap kucing anda.

7. Gunakan baju penenang
Hmm, ini terdengar sangat aneh. Ya, kami juga baru mendengar ada benda semacam ini. Menurut laporan di Amerika sana ada sebuah produk untuk hewan yang disebut Thundershirt. Semacam baju penenang begitulah. Awalnya, thundershirt ini didesain untuk anjing pada tahun 2009, tetapi karena terbilang sukses, maka dibuatlah versi kucingnya.

Referensi : catster
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger