Mengenal Kucing Lambkin Dwarf

Tuesday, April 30, 20130 comments

Mengenal Kucing Lambkin Dwarf
Kucing Lambkin merupakan jenis kucing dwarf atau miniatur, yang penampilannya cukup mencuri perhatian. Kucing jenis ini merupakan hasil persilangan dari kucing Munchkin dengan kucing Selkirk Rex. Kucing ini juga dikenal dengan nama Nanus Rex ('Nanus' berarti 'dwarf'). Meski demikian, lebih umum kucing ini disebut kucing Lambkin.

Bola mata kucing ini cenderung biru. Ekornya cenderung panjang. Kucing Lambkin mewarisi bulu panjang keriting dari Selkirk Rex, dan kaki pendek ala kucing Munchkin. Dengan demikian nama "Lambkin" (anak biri-biri) memang sangat cocok diberikan kepada kucing ini, mengingat penampilannya yang mirip dengan anak biri-biri kecil.

Kucing Lambkin bisa digolongkan sebagai salah satu ras kucing terkecil di dunia. Berat badan mereka hanya sekitar 2 hingga 4,5 kg.

Sifat kucing Lambkin menyenangkan dan senang bermain. Meskipun kakinya tergolong pendek, tetapi kucing ini dapat melompat dari lantai ke ranjang atau kursi dengan tanpa masalah. Mereka juga tidak punya masalah untuk memanjat tempat tinggi yang ingin mereka eksplore.

Kucing ini juga bukanlah tipe kucing yang banyak mengeong. Mereka hanya sesekali mengeog ketika mereka butuh sesuatu. Secara keseluruhan, bisa dibilang kucing ini adalah jenis kucing melow yang butuh kasih sayang dari majikannya.

Bulu kucing Lambkin panjang keriting dan halus meski terlihat sedikit kusut. Anda perlu menyikatnya seminggu sekali agar bulunya senantiasa terawat. Meski hadir dalam berbagai warna, tetapi warna putih adalah yang paling umum.

Kucing Lambkin termasuk kucing ras baru. Sehingga masih diperlukan banyak penelitian lagi untuk melihat masalah kesehatan apa saja yang mungkin dapat menyerangnya. Pectus excavatum dan lordosis yang ditemui pada kucing Munchkin diperkirakan dapat juga ditemukan pada kucing ini.

Meski ciri utamanya adalah bulu keriting dan kaki pendek, tetapi faktanya tidak semua anak lahir dengan kondisi seperti itu. Terkadang ada anak kucing yang lahir dengan kaki pendek dengan bulu lurus, kaki panjang dengan bulu lurus, atau kaki panjang dengan bulu keriting.

Kucing Lambkin sudah diakui oleh The International Cat Association (TICA) and The Dwarf Cat Association (TDCA). Namun, meski kucing ini terlihat begitu lucu dan temperamennya baik, tetapi kucing ini masih belum bisa ikut dalam cat show. Dan karena anak yang lahir dari jenis kucing ini maish tidak bisa diprediksi wujudnya, kebanyakan kucing Lambkin dijual dengan kondisi sudah dikebiri. Itu sebabnya kucing ini menjadi sangat langka.
Referensi : mysmelly
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger