5 cara termudah menjaga agar si kucing tetap sehat

Monday, April 29, 20130 comments

Tips merawat kucing peliharaan
Melihat kucing peliharaan kita sehat dan ceria tentu menjadi satu hal yang sangat menggembirakan. Namun seperti halnya manusia, kucing juga tidak akan sehat terus menerus. Terkadang mereka juga bisa sakit. Yang bisa kita lakukan adalah mengobatinya ketika sakit dan menjaga kesehatannya sebelum sakit. Dan berikut ini ada 5 cara termudah menjaga agar si kucing tetap sehat yang kami dapat dari wdam.com.

1. Menjaganya agar tetap berada di dalam rumah

Menurut saya ini memang cukup keterlaluan karena kita sudah mengekang kebebasan si kucing. Namun dengan menjaga agar si kucing senantiasa berada di dalam rumah, si kucing akan terhindar dari serangan anjing, serangan kucing lain, penularan penyakit dan parasit dari binatang lain, dan juga aman dari tertabrak kendaraan yang berlalu lalang di jalanan. Namun, untuk mengimbanginya, sebaiknya anda juga sering-sering mengajak si kucing jalan-jalan di luar ruangan.

2. Kotak pasir dan mangkuk air

Pastikan selalu ada air bersih untuk diminum si kucing setiap harinya. Ketersediaan air bersih ini akan mendorong si kucing minum lebih banyak. Dengan minum lebih banyak si kucing akan terhindar dari beberapa penyakit seperti diare, gagal ginjal, cystitis, dan juga membuat BAB si kucing lebih lancar.

Kotak pasir bisa menjadi indikator paling gampang untuk mendeteksi kondisi kesehatan si kucing. Jika kotoran kucing encer atau si kucing tidak buang air selama 2 hari atau lebih, berarti kondisi tubuh si kucing tidak normal.

Dan saran yang kami dapat dari wdam.com adalah sediakan jumlah kotak pasir lebih satu dari jumlah kucing yang anda miliki (jika punya kucing 3 maka kotak pasirnya 4). Letakkan pada sisi-sisi rumah yang jarang dilewati manusia, dan tentunya rutin dibersihkan. Konon hal ini akan memicu kebiasaan buang air yang lebih baik.

3. Ciptakan kondisi rumah yang bebas bahaya

Meski sudah di dalam rumah, si kucing masih belum bebas sepenuhnya dari bahaya. Dia masih bisa tersengat listrik, menelan benang, atau bahkan menelan bahan beracun. So, pastikan stop kontak di rumah anda berada pada posisi yang cukup tinggi di tembok, dan tidak ada benda-benda beracun seperti obat nyamuk batangan yang berserakan di lantai.

Selain itu, ternyata bunga lili juga dapat membahayakan jiwa si kucing. Tidak hanya bunganya, bahkan air pot dan serbuk sarinya pun berbahaya bagi si kucing. Dan jangan sekali-kali menggunakan obat kutu anjing kepada kucing anda. Itu akan sangat menyakitkan bagi si kucing.

4. Perhatikan berat badan si kucing

Mungkin bagi anda kucing gemuk itu menggemaskan. Padahal, dengan tubuh gemuk si kucing dapat terserang berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan arthritis. So, sering-seringlah bermain dengan kucing anda, agar lemaknya terbakar. Anda juga perlu memperhatikan porsi makan si kuicng.

5. Periksa Tahunan

Akan lebih baik jika rutin setahun sekali entah itu dalam kondisi sakit atau terlihat sehat, si kucing dibawa ke dokter hewan. Dengan demikian dokter akan dapat memantau kondisi kesehatan si kucing yang tidak dapat anda lakukan.
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger