Mengenal Kucing Jambi

Saturday, February 16, 20130 comments

Gambar Kucing Jambi
Kucing Jambi merupakan hasil persilangan dari fishing cat atau kucing bakau dengan kucing domestik. Butuh waktu sekitar 4 tahunan untuk mengkreasikan kucing domestik dengan penampilan liar khas kucing bakau yang berbulu keemasan hingga silver dengan pola macan tutul. 
Seperti kebanyakan ras kucing hasil kawin silang dengan kucing liar lainnya, kucing Jambi juga termasuk kucing yang cerdas, dan aktif. Dan darah kucing bakau yang mengalir di tubuh kucing yang masih tergolong kucing ras baru ini, membuatnya tidak takut, tetapi justru senang bermain air.
Karena pengembangbiakan kucing jenis ini masih terhitung sangat baru, bahkan lebih baru dibandingkan dengan kucing Habari, maka sangat sedikit informasi pasti yang menerangkan perihal kucing bermotif tutul ini. Bahkan untuk sekedar tahu berapa berat badan rata-ratanya. Namun diperkirakan berat badan kucing Jambi jantan dewasa sekitar 7 hingga 11 kg, sedangkan yang betina beratnya sekitar 4,5 hingga 5,5 kg.
Nama kucing ini memang "Jambi", tetapi kucing ini bukan berasal atau dikembangbiakkan di/oleh orang dari Provinsi Jambi loh. Kemungkinan besar nama "Jambi" tersebut diambil karena salah satu penyebaran kucing bakau adalah di Pulau Sumatera selain di India dan beberapa negara di Asia Tenggara. Dimana di Pulau Sumatera terdapat sebuah provinsi yang bernama "Jambi". (jangan dimakan mentah-mentah, ini hanya spekulasi saya saja loh!!!)
Masih sangat sedikit sekali informasi yang bisa didapat dari kucing Jambi ini. Kemungkinan besar saat ini kucing Jambi masih belum tercatat di registry sebagai ras baru atau mungkin juga memang masih dalam proses penyilangan yang menghasilkan keturunan yang masih belum paten, mengingat kucing ini bahkan lebih baru daripada kucing Habari.
Satu informasi terakhir yang berhasil kami dapat mengenai kucing ras ini adalah, kucing ini dikembangkan menggunakan indukan kucing yang berukuran besar yang bobotnya sekitar 18,5 kg. Hmm, bisa anda bayangkan ukuran kucing Jambi dalam bentuk finalnya nanti bukan???
Dan satu hal lagi yang bisa kami sampaikan adalah, Harga Kucing Jambi jantan adalah $3000 - $4000. Sedangkan yang betina sekitar $2000 - $2500. Memang aneh, belum banyak informasi mengenai temperamen, kesehatan, bahkan sekedar ukuran tubuh yang final, tetapi ternyata kucing Jambi sudah dijual.

Referensi : savannahcatbreed
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger