Agar induk kucing tidak membawa anaknya pindah-pindah rumah setelah melahirkan

Saturday, January 12, 201343comments

kandang terbaik untuk kucing yang baru melahirkan
Mungkin kelihatannya adalah hal yang lumrah jika seekor kucing, terutama kucing kampung, terlihat beberapa kali pindah rumah menggondol anak-anaknya beberapa hari setelah dia melahirkan. Namun tahukah anda jika hal tersebut bisa mengakibatkan hal buruk bagi anak-anaknya???
Saat baru lahir, tubuh kucing kecil belum bisa menghasilkan panas yang cukup untuk menghangatkan tubuhnya sendiri. Kehangatan yang membuatnya nyaman adalah berasal dari pelukan sang induk. Jika si induk sering berpindah-pindah, dikhawatirkan si anak kucing akan mengalami kedinginan ketika sang induk menaruhnya di tempat baru dan mengambil saudaranya dari tempat lama. 
Pertanyaannya sekarang adalah, kenapa kucing berpindah-pindah "rumah" beberapa hari setelah melahirkan??? Kebanyakan alasan utamanya adalah faktor keamanan. Si kucing yang parno, akan memindah-mindahkan anak-anak mereka hingga beberapa kali dengan tujuan agar anaknya tersebut tidak diincar predator. Lalu apa yang bsia kita lakukan untuk paling tidak mengurangi frekwensi kepindahannya???
Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan, diantaranya adalah :
  • Membuatkan "rumah" di tempat yang agak tersembunyi. Tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, yang tidak banyak aktifitas di sekitarnya, dan tidak kita usik keberadaannya selama sekitar 2 mingguan setelah si anak kucing lahir.
  • "Rumah" untuk si kucing dan anak-anaknya yang saya maksud adalah dibuat dari kotak kardus yang atapnya sudah dipotong dan tepiannya disisakan setinggi sekitar satu jengkal telapak tangan orang dewasa, dan dialasi kain. Untuk lebarnya, anda bisa sesuaikan dengan berapa jumlah makhluk mungil yang anak menempatinya.
Dengan membuatkan sebuah rumah baru yang memenuhi dua kriteria di atas, si induk akan merasa tempat tersebut cukup aman dari predator, sehingga tidak akan berpindah-pindah lagi. Nah, saya rasa hanya hal tersebutlah yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar si induk kucing tidak sering-sering memboyong anak-anaknya pindahan. Jika anda sudah melakukan kedua hal di atas dengan teliti tetapi ternyata si induk kucing tetap nekad pindahan. Ya Sudahlah, apa mau dikata???
Share this article :

+ comments + 43 comments

March 28, 2013 at 6:39 AM

itu gambar anak kucingnya mirip kucing gue namanya yeni

April 14, 2013 at 6:59 AM

Tyas... +6281939588900

July 18, 2013 at 9:39 PM

Haha... dua di atas sudah q lakuin tapi apa daya masih ngotot pindahan. Jadi ya tak kurung di kamar aja lah
.

December 2, 2013 at 2:09 AM

setiap hari diganti alasnya... dan disediakan makanan buat induknya

December 23, 2013 at 12:07 PM

kalou kucing saya kok , kalo abis lairan 2anaknya dibuang ,,,, udah 2 kali lairan,, gimana nyarinya ya??

February 19, 2015 at 1:39 AM

Kalo kucing aku, 4 jm setelah beranak induknya pergi anget-anget deket tungku api. Anaknya ditinggal di kardus.

September 23, 2015 at 1:43 PM

Kucing w mah ngeselin,,udah pindah 2xx,skrg mw pindah lagi ke atas lemari..ga w bolehin,,tiap mlm berisik induk'a ngeong" trus..
Strezz w..

November 8, 2015 at 2:32 AM

Alhamdulillah hari ini si kuki melahirkan 6 anak

November 8, 2015 at 2:33 AM

Alhamdulillah hari ini si kuki melahirkan 6 anak

December 8, 2015 at 9:57 AM

siluet rumahnya mana? mau adobsi kucing nih, aku di solo, kalok boleh sih

January 24, 2016 at 12:18 AM

Kucing q baru lahiran..tp q khwtir ni, coz udh 2 x lahiran anaknya di bawa pindah2 mllu..moga aj yg x in gag d bawa lg..

January 24, 2016 at 12:20 AM

Kucing q baru lahiran..tp q khwtir ni, coz udh 2 x lahiran anaknya di bawa pindah2 mllu..moga aj yg x in gag d bawa lg..

March 8, 2016 at 6:10 PM

Kucing ak si mengcil tiba2 jd gendut. Kyaknya dy hamil deh. Pengen spya dy betah ga pindah2 pas nanti lahir gmn yah ? Udh ak buatin rumah dr kerdus tp dy ga betah

March 8, 2016 at 6:10 PM

Kucing ak si mengcil tiba2 jd gendut. Kyaknya dy hamil deh. Pengen spya dy betah ga pindah2 pas nanti lahir gmn yah ? Udh ak buatin rumah dr kerdus tp dy ga betah

April 6, 2016 at 7:04 PM

wah sip bngt gan informasinya, sangat membantu. nih kucing persi gw udh 5x boyongan, tapi setelah baca artikel ini gw praktekin n alhasil berhasil. 🙌

May 5, 2016 at 5:10 AM

Hadeeh,,, ini kucingq bru lahiran,, anaknya dibawa pindah kedalam selimut q,,pas lg enaknya tidur kok tiba2 ada suara ngik ngik ngik dri dlm selimut,, pas tak liat ternyata siManis dan ketiga anaknya dah ada dlm selimut q,,kapan mindahinnya,,,???

May 5, 2016 at 5:11 AM

Hadeeh,,, ini kucingq bru lahiran,, anaknya dibawa pindah kedalam selimut q,,pas lg enaknya tidur kok tiba2 ada suara ngik ngik ngik dri dlm selimut,, pas tak liat ternyata siManis dan ketiga anaknya dah ada dlm selimut q,,kapan mindahinnya,,,???

July 23, 2016 at 1:01 PM

Si molli juga ngeselin bngt..ngotot bngt pengin pindah.tadinya cuma bolak balik pindah di dalam aja ..eeh stelah anaknya umur 1bulan .dia pindahin ke luar lewat atap.pindahnya ke rumah tingkat sebelah rumah w..besok masih bisa ku ambil .muda"hn orangnya bersedia ngambilin kucing w

August 1, 2016 at 7:05 PM

Kucingku bru lahir 1 minggu..awalny cm d pindahin d dlm rmh..eh skrg, gx tau d pindahin kmn..skrg indukny nyariin pdhl dy yg mindahin to dy yg lupa taro dmn..gmn biar gx d pindah2 ya pdhl udh sediain 2 kardus biar gx pindah2 kmn2..

August 24, 2016 at 5:58 PM

Sama kasusnya, anehnya kucinh sy selalu pulang makan tp anaknya gx ada yg dia bawa pulang dan dia kayak bingung gitu nyari anaknya.

October 6, 2016 at 5:55 AM

Mungkin kucin ente pengen ente tidur sma dy juga,mungkin juga anak yg dilahirinnya itu dr benih ente gan..hahhahhaha

October 6, 2016 at 5:56 AM

Mungkin kucin ente pengen ente tidur sma dy juga,mungkin juga anak yg dilahirinnya itu dr benih ente gan..hahhahhaha

February 11, 2017 at 9:54 PM

Yah. Kucingku juga kaya gitu. Hampir stress aku. Padahal udah tak coba pindah di tempat gelap. Tapi tetep aja dipindahin ke tempat lain. Malah dibawah lemari. Padahal lantainya kan dingin. Ya udah habis aku baca blog ini. Aku praktekin. Ehh kucingku akhirnya mau pindah ke ke kerdus yang kubuat. Makasih ya...

March 6, 2017 at 9:08 AM

kucing saya kok aneh ya . dia punya anak 4 tiap kali dia pindahkan anaknya saya selalu taruh kembali ke dalam kardus lalu kucing sya pindahkan lagi anak2 nya keluar dari kardus begitu terus menerus dan akhirnya saya nyerah ya udah akhirnya saya biarkan anak kucing itu keliaran di dapur saya. tapi kenapa anak nya yg paling kecil 3 warna hitam,putih sma kuning selalu ditinggal di kardusnya ya. apa kucing saya lupa kalau 1 anaknya masih ketinggalan. tapi berulang kali kalau dia memindahkan anaknya pasti yg paling kecil itu ditinggal

March 30, 2017 at 12:54 AM

Mgkn yg satu udh bau tangan mba..katanya sih klo udh bau tangan krn dipegang2 itu induknya ga mau ngurus lg.

March 30, 2017 at 12:58 AM

Mgkn yg satu udh bau tangan mba..katanya sih klo udh bau tangan krn dipegang2 itu induknya ga mau ngurus lg.

April 2, 2017 at 1:45 AM

Oh gtu ya hehehe maaf saya laki2bukan mba....

April 23, 2017 at 8:10 PM

Mantep...

May 13, 2017 at 4:42 PM

Tadi malam si meo sembunyi-sembunyi ketemu sama kucing tetangga mungkin ayah dari bayinya,si meo baru melahirkan 2 bayi lucu, subuh biasa sku membuka pintu si meo membawa bayi-bayinya keluar ke tempat kucing jantan tersebut,akan dibawa pulang lagi g ya bayi-bayi kucingnya? si meo keras kemauannya keukeuh

November 12, 2017 at 2:54 PM

Sarangnya kalo bisa yg luas agan n sist... Trus yg anget... dan tersembunyi... kardus tv tabung tu sedang... bikin 1 lubang aja buat keluar masuk si induk... itu aja tips dari saya...

November 19, 2017 at 12:44 AM

Kcing q pas lahiran mlah ngilang.... pdahal smua udh d siapn.... ni dah hmpir sminggu q cariin gak ktmu... tpi suara ankx da d dkat" sni....

December 7, 2017 at 4:44 PM

Alhamdulillah.... Semenjak. Si tompel ngelahirin gak pernh pindah2 tempat.... Tetep ajha di kardus yg aq siapin... Bayi kucing nya jg aq pegang2 dr br umur 4jam coz suka ketindihn ma tompel klo pas mw disusuin... Klo dh gtu dy panik minta tolong dibnrin posisi dy... . Skrg dh umur 3minggu n msih di situ gk pindah, pling ditinggal klo mw buang air ato main trus balik lg....

December 26, 2017 at 6:55 AM

Barusan aku habis pontang panting mindahin anak kucing+emaknya. Dulu pas sblm lairan, si emak kucing sering aku kasih makan. Dan kmrn lairan entah dimana, eh ini anak2nya dibawa masuk ke rumah. Maunya aku taruh di kardus, udah aku buatin. Tapi malah kucingnya migrasi ke kolong bawah tv. Alhasil, aku sekeluarga kerjasama buat nutup kolong tv (tp aku semprot parfum dulu) , trs mindahin anak2nya ke kardus. Pas emaknya mau mindahin ke kolong lagi, udah gak bisa. Akhirnya emak kucing mau masuk kardus. Usaha banget lah pokoknya. Haha.

December 27, 2017 at 10:51 AM

kucing saya lagi hamil, trus dari td siang dia ngilang ntah ngak tau kemana jam 12 malem saya keluar ke tempat temen jarak nya sekitar 1 km ngeliat tuh kucing tp perutnya udah kempes aja alias udah ngelahirin saya cari2 anaknya ngak ketemu, trus mau saya bawak pulang kasian ama anak2 nya ntar terlantar, 😞 kira2 dia bakalan balik lg ngak yah ke rumah saya trus bawak anak2 nya?

January 24, 2018 at 1:10 AM

Kucingku baru seminggu melahirkan trus anaknya dipindahkan ke dalam lemari, tapi 1 anaknya mati kegigit di leher, sediiihhhhh :(

February 20, 2018 at 1:34 AM

Kucingky bru lhirn anaknya 6 ekor emm happy

February 21, 2018 at 10:54 AM

Kucing dirumahku melahirkan 4 anak. Tp 1 anak aja yg selalu dibawa keluar dr kardus dan dpindahkan di pojokan kasurku. Aku kaget ad yg gerak2 lewat atas rambutku. Dipindahin malah balik lagi kesitu. Akhirnya sm mama ditaruh di luar. Kalo ditaruh diluar aku kasian soale diincer sm kucing jantan. Katanya klo kucing jantan liat bayi kucing bakal d makan,bner gak sih? Minta solusinya dong..tp ak gasuka kucingku tidur d pjokan kasurku. 😣

August 18, 2018 at 1:58 AM

sesama blog kucing, ditunggu kunbalnya

Lima Sembilan Cattery

Kunucats

March 23, 2019 at 11:54 PM

Kucingku lahiran anaknya dipindah terud,,hadohhhhh dibuat stres aq,,dikasi tempat kardus dipindahkan juga,dikasi kandang dipindahkan juga,, sampai kasihan liat anakyaa takut mati kateka digigit terus ,,skrg GK tau mau ngapain lagi

September 6, 2019 at 8:12 AM

Mungkin kucingnya kena shndrom babyblouse.

September 17, 2019 at 10:43 AM

Mungkin kucin ente pengen ente tidur sma dy juga,mungkin juga anak yg dilahirinnya itu dr benih ente gan..hahhahhaha

May 30, 2020 at 9:31 PM

Kucing saya abis lahiran 3hari yg lalu. Awalnya dia d taroh d kandang kucing trs atasnya d ksh kerdus gt buat nutupin. Eh pas td siang d pindahin anaknya d kolong kasur, tp yg d pindahin satu doang yg lain ngga. Trs pas saya pindahin ke kardus gede dia tetep kekeuh mau pindah lg haduh strees. Eh skrng d taroh d dlm lemari yg udh g kepake mau. Ngeri bgt klo induknya gigit gigit anaknya gitu, smga gpp anaknya aamiin

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger