Sunda clouded leopard, kucing liar langka asli Indonesia

Monday, December 3, 20120 comments

Sunda clouded leopard, kucing liar langka asli Indonesia
Ternyata Indonesia memiliki satu ras kucing liar langka yang bisa dibilang sebagai hewan endemik karena hanya ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan saja. Kucing yang diberi nama Sunda clouded leopard atau oleh penduduk setempat sering disebut macan dahan (Neofelis diardi) ini memiliki paras yang menyerupai jaguar.
Kucing liar langka asli Indonesia ini merupakan ras kucing berukuran medium. Para ilmuwan baru menemukan spesies ini di awal abad ke-19. Itu pun masih diklasifikasikan sebagai subspesies dari macan tutul (Neofelis nebulosa), dan baru pada tahun 2006, kucing medium ini diklasifikasikan dalan spesies tersendiri.
Pada tahun 2008 IUCN mengklasifikasikan  Sunda clouded leopard sebagai hewan yang rawan punah. Jumlahnya waktu itu diketahui hanya ada sekitar 10.000 ekor dengan tren jumlah yang terus menurun setiap tahunnya.
Sebelumnya spesies kucing langka ini disebut Bornean clouded leopard (Macan tutul Borneo). Nama ini merujuk pada kata - kata Dr. Stephen O'Brien dari U.S. National Cancer Institute yang dipublikasikan oleh WWF pada tahun 2007. Pada artikel tersebut dituliskan seperti ini "Genetic research results clearly indicate that the clouded leopard of Borneo should be considered a separate species".
Kebiasaan dan pola hidup dari macan dahan ini belum banyak diketahui karena binatang langka ini masih sulit dikuak. Namun diasumsikan bahwa binatang ini adalah jenis binatang penyendiri, dan berburu di permukaan tanah, dan akan memanjat pohon jika ada bahaya yang mengancam.
Sebelumnya saya berpikir jika 'kucing' yang dimaksud dalam artikel Sunda clouded leopard ini adalah seukuran kucing liar kecil seperti Blacan. Eh, ternyata 'kucing' yang dimaksud di sini adalah sejenis macan. He he, peace... ^_^
Referensi : Wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger