Mengenal Kucing Scottish Fold, kucing dengan daun telinga mengatup

Sunday, December 23, 20122comments

gambar kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold merupakan jenis kucing unik yang memiliki penampilan berbeda dengan kucing lainnya. Jika kebanyakan kucing memiliki daun telinga yang meruncing, maka kucing ini memiliki daun telinga yang menutup. Sehingga kucing ini pun mendapatkan sebutan sebagai kucing berwajah burung hantu. Silahkan lihat Sejarah Kucing Scottish Fold untuk mengetahui asal-usul kenapa kucing ini bertelinga mengatup.
Kucing Scottish Fold merupakan jenis kucing berukuran medium yang memiliki berat antara 4 hingga 6 kg untuk jantan, dan 2,7 hingga 4 kg untuk betina. Matanya besar dan bulat dengan hidung pesek, dan bentuk kepala yang juga bulat. Leher serta ukuran kakinya juga pendek.
Kucing ini dapat hadir dalam versi bulu panjang ataupun bulu pendek dengan warna bulu yang sangat variatif. Meskipun namanya adalah Scottish Fold, tetapi pada kenyataannya beberapa kucing ini lahir dengan kondisi telinga yang tidak fold (melipat), tetapi dengan bentuk telinga yang meruncing seperti kebanyakan jenis kucing lainnya.
Temperamen kucing Scottis Fold (entah itu yang bertelinga meruncing atau yang mengatup) biasanya ramah, tenang, dan bisa bersahabat dengan binatang piaraan lainnya. Mereka juga dikenal senang bermain, setia, suaranya lembut, cukup cerdas, dan mudah beradaptasi dengan situasi rumah, dan penghuninya, termasuk anak-anak.
Kebiasaan unik yang dimiliki oleh kucing Scottish Fold antara lain, kucing ini tidak mendengkur. Kucing ini biasa tidur terlentang. Mereka juga dikenal sering duduk dengan dua kaki belakangnya selonjor, sementara kedua kaki depannya berada di perut. Posisi ini sering disebut dengan "Posisi Budha".
Rata-rata harapan hidup kucing Scottish Fold adalah sekitar 15 tahun. namun kucing ini rentan terhadap penyakit polycystic kidney disease (PKD) dan cardiomyopathy.
Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 2 comments

July 30, 2015 at 3:25 AM

Maaf saya Kinkin dr bandung mau nanya saya punya kucing scottish fold jantan tp kenapa ya kucing scottish fold saya beda banget kebiasaannya sama kebanyakan scottish lainnya
Kucing scottish fold saya aneh kucing nya agak galak padahal dh 9 bln umurnya tpi galak sama manusia dan sama kucing dewasa lainnya
Haduh kenapa ya

December 6, 2015 at 5:09 AM

Dimana ya biasay adop untuk kucing jenis ini 😊

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger