Mengenal Kucing Pallas, kucing liar dari Asia Tengah

Wednesday, December 5, 20120 comments

Kucing Pallas
Kucing Pallas atau dikenal juga dengan nama kucing Manul ((Otocolobus manul syn. Felis manul)) merupakan salah satu spesies kucing liar yang habitatnya di sekitar daerah padang rumput dan stepa di daerah Asia Tengah.
Kucing ini mendapatkan nama 'Pallas' dari nama naturalis Jerman yang pertama kali mendeskripsikan ras kucing ini untuk pertama kalinya pada tahun 1776 yang bernama  Peter Simon Pallas. Sayangnya pada tahun 2002, IUCN menyatakan kalau kucing liar ini sudah berada pada status hampir terancam punah karena penyebarannya yang tidak merata. Selain itu Manul juga banyak diburu untuk diambil bulunya di China, Mongolia, dan Rusia.
Ukuran tubuh kucing Pallas tergolong relatif sama dengan kebanyakan kucing domestik yaitu panjang sekitar 46 - 65 cm, dan berat antara 2,5 hingga 4,5 kg. Postur tubuhnya kekar serta memiliki bulu yang lebat yang berwarna kekuningan, sehingga membuatnya tampak begitu 'tua'.. Yang unik dari warna bulu kucing Pallas ini adalah, ketika musim dingin warna bulunya akan terlihat kelabu dan tidak terlalu berpola seperti pada saat musim panas.
Untuk taksonomi secara riil mengenai seperti apa penampilan kucing Pallas ini, anda bisa melihatnya langsung pada gambar yang kami sediakan atau pada video di bawah nanti.
penyebaran kucing Pallas meliputi padang rumput dan stepa di wilayah Asia Tengah seperti Mongolia, China, dan dataran tinggi Tibet. Kucing liar ini juga dapat ditemukan di daerah Kyrgyzstan dan Kazakhstan, dan sesekali juga terlihat di Rusia. Dan pada tahun 2008, untuk pertama kalinya kucing liar ini terekam kamera di Iran Khojir National Park.
Kucing Pallas atau Manul ini termasuk binatang malam dan hidup secara soliter. Mereka akan banyak menghabiskan siangnya di gua, celah-celah, atau lubang masmut dan baru keluar untuk berburu ketika sore hari tiba. Dan karena kucing ini bukanlah pelari yang handal, mereka berburu dengan cara menyergap. Mangsa mereka antara lain, tikus, marmut, gerbil, pikas, dan ayam hutan Chukar.
Musim kawin kucing Pallas tergolong sangat pendek, dan Oestrus pun hanya berlangsung sekitar 26 sampai 42 jam Kucing liar ini mengalami masa kehamilan sekitar 66 hingga 77 hari dan akan melahirkan sekitar bulan April dan Mei. Kucing ini dapat melahirkan sekitar 2 - 6  kitty dalam sekali persalinan. 
Pada saat baru saja lahir, kucing Pallas sudah memiliki bulu yang tebal. Setelah usianya menginjak 2 bulan, bulu tersebut akan digantikan dengan bulu kucing dewasa. Dan setelah berumur 4 bulan kucing ini sudah akan mulai berburu.. Kucing Pallas baru akan memiliki wujud dewasa ketika usianya menginjak 6 bulan. Dan kabarnya kucing ini dapat hidup hingga berumur 11 tahun di penangkaran.
Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger