Mengenal ailurophobia atau phobia kucing

Thursday, December 27, 20121comments

ailurophobia atau phobia kucing
Meskipun kucing adalah binatang yang lucu dan menggemaskan, tetapi pada kenyataannya ada beberapa orang yang takut terhadap kucing. Rasa takut ini adalah benar-benar rasa takut yang tidak beralasan, bukan sekedar risih atau tidak mau memegang saja. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang takut/ phobia terhadap kucing dapat panik, stress, dan histeris ketika harus bertemu dengan binatang yang selalu menampilkan wajah polos ini.
Orang yang memiliki phobia terhadap kucing dalam istilah kedokteran disebut dengan Ailurophobia. Ini adalah kelainan psikologis yang bertolak belakang dengan ailurophilia. Tokoh terkenal dalam sejarah yang menderita phobia kucing adalah Napoleon Bonaparte.
Seperti halnya kebanyakan phobia, ailurophobia juga biasanya dipicu oleh kenangan masa lalu yang tidak mengenakkan yang berhubungan dengan kucing. Misalnya pernah di cakar kucing waktu masih balita atau pernah di kerubutin banyak sekali kucing sampai syok.
Salah satu cara mengobati phobia ini adalah dengan melawan rasa takut itu sendiri. Dengan memutar ulang pola otak kita agar rasa takut terhadap kucing bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Dengan merefresh otak kita dari pemahaman kalau kucing itu berbahaya, kemudian menyisipkan pemahaman bahwa kucing itu tidak berbahaya. Tentu ini tidak mudah bagi yang mengalaminya. Namun dengan bimbingan orang yang tepat, anda pastiakan berhasil mengatasi phobia kucing tersebut. Lebih baik lagi kalau didampingi oleh psikolog.
Namun satu hal yang pasti adalah, yang paling ditakuti oleh rasa takut adalah ketakutan akan rasa takut yang tidak akan ditakuti lagi. So, jangan takut!!! ^_^

Referensi : berbagai sumber
Share this article :

+ comments + 1 comments

November 20, 2015 at 7:20 AM

Gabisa. Uda dicoba suka tetep takut

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger