Mengenal Kucing Balinese

Thursday, November 22, 20121comments

Kucing Balinese
Kucing Balinese merupakan ras kucing yang terbentuk secara alamiah akibat dari mutasi yang terjadi pada kucing Siam. Bisa dibilang kucing Balinese adalah versi bulu panjang dari kucing Siam, karena perbedaan antara keduanya memang hanya terletak pada panjang bulunya saja.
Ras Kucing Balinese memiliki tubuh yang langsing dan panjang, atau biasa dikenal dengan tipe oriental. Bulunya lebih panjang jika dibandingkan dengan kucing Siam, tetapi lebih pendek jika dibandingkan dengan kucing Persia.
Pada mulanya kucing Balinese terdaftar sebagai kucing siam berbulu panjang. Dan karena keanehannya ini, kucing jenis ini dianggap sebagai kucing biasa yang kurang nilai ekonominya sehingga tidak banyak yang mau mengembangbiakkannya.
Namun sejak tahun 1950-an, kucing jenis ini mulai diusahakan untuk terdaftar sebagai ras tersendiri. Dan pada pertengahan tahun 1950-an, Marion Dorsey  ( Rai-Mar Cattery, California) dan Helen Smith (MerryMews Cattery, New York) memutuskan untuk membiakkan kucing jenis ini. Merekapun akhirnya memberi nama ras kucing ini 'Balinese' karena keanggunan, dan kecantikannya yang menurut mereka menyerupai penari Bali.
Akhirnya setelah itu semakin banyak breeder kucing yang mulai tertarik untuk ikut mengembangkan ras kucing ini. Kucing Balinese kemudian terbagi menjadi 2 yaitu Balinese tradisional dan Balinese modern. Kucing Balinese tradisional memiliki tubuh yang lebih tegap dan besar serta bentuk kepala bulat dengan telinga yang lebih kecil daripada kucing Balinese modern.
Bulu kucing Balinese tradisional tergolong medium yaitu sekitar 5 cm atau lebih sedikit. Sedangkan bulu kucing Balinese modern cenderung pendek dan hanya panjang pada daerah ekor saja. Untuk variasi warna bulunya, CFA mengakui warna yang sama dengan jenis Siam yaitu seal point, blue point, chocolate point dan lilac point.
Karakteristik kucing Balinese cenderung hampir sama persis dengan karakteristik kucing Siam yang ramah, lincah, serba ingin tahu dan memiliki tingkat kecerdasan yang lumayan tinggi. Untuk harga kucing Balinese saya sendiri kurang tahu pasti. Namun jika menilik pada karakteristik serta penampilannya yang sangat mirip dengan kucing Siam, maka saya perkirakan kucing Balinese dijual dengan harga sekitar 1 jutaan untuk kualitas standar.
Referensi :  kucingkita
Share this article :

+ comments + 1 comments

May 17, 2017 at 1:56 AM

Salam kenal ya gan, saya juga barusan menulis kucing balinese di blog saya :)

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger