Kucing Blacan, alternatif bagi yang ingin pelihara kucing Bengal tetapi nggak punya duit...

Friday, November 9, 201236comments

Anakan Kucing Blacan
Blacan memiliki motif bulu yang sangat mirip dengan kucing Bengal, dan kucing Savannah. Hanya saja ukuran tubuh serta emosi yang dimiliki oleh kucing Blacan masih liar. Namun dengan memelihara Blacan sejak kecil dan tidak memberinya makan daging mentah lama - kelamaan sifat liarnya ini akan berkurang.
Bagi saya sendiri, memelihara kucing Bengal adalah sebuah impian. Namun karena harganya yang sangat mahal bagi saya (seekor anakan Bengal harganya sekitar 10 jutaan rupiah), maka saya putuskan untuk memelihara kucing hutan atau biasa kita kenal sebagai kucing Blacan. Toh kucing Bengal juga merupakan hasil persilangan dari kucing Blacan dengan American Shorthair.
Pada awalnya, saya sedikit kerepotan memelihara Blacan karena dia tidak mau makan cat food. Sehingga mau tidak mau setiap hari saya harus membelikannya satu ekor lele goreng yang gorengannya tidak terlalu kering hingga usia 3 bulan. Sebagai seorang anak kosan, ini jelas cukup menguras dompet saya. Dan terus terang saya tidak memberinya susu, padahal pada usia itu seharusnya dia masih menyusu.
Namun, setelah memelihara Blacan, ternyata ada tantangan tersendiri. Kucing Blacan sangat aktif tidak seperti kucing Persia yang dulu pernah saya pelihara yang kerjanya cuma makan dan tidur. Blacan cenderung sangat senang bermain. Namun, caranya bermain memang sedikit kasar, jadi jangan sampai anda salah mengartikan "permainannya" tersebut sebagai sebuah agresi.
Memang sih banyak kendala dalam memelihara Blacan, seperti dia sering pipis sembarangan. Susah ngelatih dia biar buang air besarnya nggak sembarangan. Dan karena dia nokturnal yang aktif di malam hari (pada kenyataannya siang malam Blacan saya selalu aktif nggak keruan) kalau malam sebaiknya dia dikandang, karena kalau tidak, dia akan mengganggu anda dengan lompat kesana kemari.
Namun ternyata waktu saya selidiki, perbedaan antara Bengal dengan Blacan hanyalah terletak pada ukuran, dan sifat liarnya saja. Ukuran Blacan hanya sebesar kucing domestik, tidak seperti Savanah dan Bengal yang ukurannya bisa segede anjing. Untuk karakteristik, Bengal dan Blacan sama - sama kucing yang sangat aktif. Dengan kata lain, menurut saya Blacan merupakan alternatif terbaik bagi yang ingin memelihara kucing Bengal tetapi terkendala masalah biaya.
O iya, Blacan saya saat ini berumur sekitar 3,5 bulan, dan sangat aktif. Penampilannyapun semakin mirip dengan Bengal, cuman warna bulunya sedikit kekuningan. Kemanapun saya pergi maunya ikut saja, bahkan waktu saya mandi pun dia ikut masuk kamar mandi.
Aya, kucing Blacan kesayangan saya

Kucing Blacan imut

Share this article :

+ comments + 36 comments

February 6, 2013 at 2:24 AM

Kalau sudah dewasa liar ga ya gan?

February 6, 2013 at 10:31 PM

g liar kok, asal meliharanya dari kecil trus g pernah ngasih makan daging ato ikan mentah... tapi sekarang blacan termasuk binatang langka yang dilindungi oleh Undang Undang loh!!!

February 25, 2013 at 10:18 PM

Harganya brapa yg baby?

February 28, 2013 at 12:53 PM

Sekarang udah dilindungi Undang-Undang Sob, bisa disita Pemda kalo kmu ketahuan melihara blacan...

March 22, 2013 at 4:15 AM

Yaah, udah gak boleh ya bro? Padahal pengen miara nih ane :|

March 26, 2013 at 2:20 AM

bang klo blacan masih liar biar nurut diapain ya? ngegigit ga sih bang?

May 21, 2013 at 1:14 AM

bang, blacan tuh makannya apa sih ?

October 8, 2013 at 7:13 AM

bang kucingku itu susah makan..sampek aku nyerah akhirnya aku blikan ajh dging ayam mentah..mknnya langsung lahap.trus mlemnya aku kasi mkan lgy tpi dia gkmw...kucingku gk aktif bang..apa itu tanda" dia skit bang...?udah aku bwa ke dokter juga.cuma pinternya kucingku klo eek ditemptnya..kencing jg ditmpatnya..tpi dia gk aktif bang...sedih..aku tkut kehilngan dia.

December 1, 2013 at 9:47 PM

Makasih infonya

December 26, 2013 at 3:45 AM

menurut saya pribadi justru perbedaan utama darikucing blacan dan bengal adalah karakter nya. karena memang tujuan dari 'penemu' ras bengal adalah utk mendapatkan ras baru dgn penampilan fisik kucing hutan/blacan tp dgn temperamen kucing domestik.
btw, berapa umur kucing blacan yg anda skrg? biasanya akan terjadi perubahan temperamen dr kucing jenis ini apabila mereka mencapai usia kawin, stres yg disebabkan oleh kerja hormonnya akan membuat kucing blacan menjadi 'liar'

February 13, 2014 at 11:01 PM

Kalo blacanya cowok, boleh gak di kawinin ma kucing ane gan?

April 11, 2014 at 3:16 AM

Ehh gan gue mau nanya guekan punya kucing blacan umurnya satu bulan setengah,makannya itu pakai whiskes dari dia baby,gmna menurut agan harus di ganti apah ngga usah di ganti

July 8, 2014 at 2:45 AM

permisi gan
aq mau jual kucing blancenih ..
punyak temen aq ....
alasan gak punyak Gmail makanya suruh aq jual yg minat pm ya ??

April 17, 2015 at 6:48 PM

Gan masih jual blacan?

August 29, 2015 at 12:43 AM

Yg minat blacaan invite 2887995E

November 1, 2015 at 7:25 AM

Ane punya kucing hutan usia 4 bln .. Susah amat jinakin nya gan.. Untk smntra ane kandang n makan rutin kpala ayam yang sdh d rebus.. Ada solusi bwat jinakin nya gan???

November 18, 2015 at 8:42 PM

GUA MAU BELI SEKARANG GAN HUBUNGI GUA DI 083833111577.LANGSUNG GUA BAYAR KALAU COCOK. BUTUH 2 KALAU HANYA 1 JGA BOLEH

January 6, 2016 at 5:45 AM

mas / mbak tolong banget, itu jenis kucing langka yg dilindungi oleh pemerintah.
kalo memang sayang dan cinta lepas liarkan aja , udah kodratnya hidup di alam bukan sama manusia

March 20, 2016 at 7:35 AM

Bisa ikutan pliara gan?

April 15, 2016 at 12:13 PM

Itu mungut dari hutan atau beli gan? Pasaran berapa anakannya? Mirip bengal polanya, tapi 2 warna ini(bagian perut putih). Alternatif banget 👍

October 6, 2016 at 8:46 AM

Itu warnanya ke abu abuan ya?

March 4, 2017 at 8:52 PM

Gan belinya dmna

March 12, 2017 at 9:00 AM

Saya punya wa 081553641007

May 6, 2017 at 7:47 PM

Yang mau Adopsi kucing blacan wa 082118888853

June 30, 2017 at 9:58 PM

Harga berapa om

August 30, 2017 at 4:10 PM

Hem

September 25, 2017 at 7:11 AM

Aku pernah punya.. Tp bagusnya sih di breeder trus dijadiin pet, biar gak punah.. Karna hutan kita sudah habis, dimana habitatnya jadi berkurang..

September 25, 2017 at 7:11 AM

Aku pernah punya.. Tp bagusnya sih di breeder trus dijadiin pet, biar gak punah.. Karna hutan kita sudah habis, dimana habitatnya jadi berkurang..

January 17, 2018 at 6:10 PM

Punya blacan juga baru Nemu di hutan yg suka piara tinggal 1 sms 0815-6790-6887

January 17, 2018 at 6:11 PM

Punya blacan juga baru Nemu di hutan yg suka piara tinggal 1 sms 0815-6790-6887

February 6, 2018 at 9:11 AM

Lokasi mana ya?

February 18, 2018 at 7:39 AM

saya punya ni. udh jinak

March 11, 2018 at 10:19 PM

Bisa gak dikawinin sama kucing garong ?

April 6, 2018 at 5:02 PM

Justru menurut aku walaupun d lindungi gak papa kita plihara asalkan kita mau bertanggung jawab dengan kucing itu kalok bisa kita kembang biakan. Kalok kita lepaa liarkan ehh boro" mau berkembang mungkin malah d tembak orang d sate.

April 6, 2018 at 5:06 PM

Justru menurut aku walaupun d lindungi gak papa kita plihara asalkan kita mau bertanggung jawab dengan kucing itu kalok bisa kita kembang biakan. Kalok kita lepaa liarkan ehh boro" mau berkembang mungkin malah d tembak orang d sate.

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger