Kucing Siam

Wednesday, October 17, 20120 comments

Kucing Siam
Kucing Siam atau kucing siamese merupakan salah satu kucing ras murni di dunia yang berasal dari Thailand (dahulu disebut Siam). Bersama dengan Kucing Persia, Manx, dan Spinx, kucing ini merupakan ras murni yang tidak mengalami persilangan dengan ras kucing lainnya.
Kucing Siam termasuk kucing berbulu pendek, dengan badan ramping, ekor panjang, serta mata yang berwarna biru. Biasanya kucing ini memiliki warna dominan putih atau abu-abu agak kemerahan dengan warna yang berbeda pada bagian kaki, wajah, dan ekor.Warna-warna tersebut bisa ungu, biru, lynx, merah, ataupun cokelat. Semakin umurnya bertambah, warna bulu kucing siam juga cenderung akan semakin gelap.
Siamese jantan memiliki berat badan sekitar 4 hingga 7 kg dengan tinggi rata-rata 60 cm. Sedangkan kucing betina beratnya hanya sekitar 5 kiloan dengan tinggi badan sekitar 53 cm.
Kucing Siamese dikenal sebagai kucing yang ramah, lincah, serba ingin tahu dan memiliki tingkat kecerdasan yang lumayan tinggi. Bahkan konon katanya kucing ini dapat hidup berdampingan dengan anjing jika disosialisasikan dengan baik sejak kecil. Namun sepertinya anda juga perlu melihat jenis anjing macam apa dulu yang akan hidup serumah dengannya. Selain itu, kabarnya kucing ini juga cocok untuk berdampingan dengan anak-anak hingga orang tua.
Usia rata-rata kucing siam sekitar 13 tahun. Namun masih tidak menutup kemungkinan untuk hidup hingga usia 17 tahun jika perawatan dan makannya baik. Bahkan sudah ada juga kucing Siamese yang hidup hingga usia lebih dari 20 tahun.
Kucing Siam merupakan jenis kucing yang tergolong memiliki kondisi kesehatan yang baik. Kucing ini cenderung jarang mengalami masalah kesehatan yang serius. Namun ada beberapa kasus yang mengidap gangguan ginjal, jantung, ekor tertekuk, hernia ataupun mata juling.
Karena kucing ini termasuk jenis shorthair atau berbulu pendek, maka perawatan bulunya cenderung lebih mudah. Mungkin anda hanya perlu memandikannya sebulan sekali atau hanya jika bulunya terlihat kotor saja. Namun sebaiknya minimal 2 kali sebulan bulu kucing ini perlu disikat.
Sebagai tambahan, karena kucing ini termasuk kucing yang lincah dan aktif, serta senang berada di dekat manusia (terutama majikannya) mungkin penjagaan kucing Siam perlu sedikit lebih. Maksud saya, jika anda termasuk orang yang jarang berada di rumah, menginginkan hewan yang tenang, maka kucing siam saya rasa bukan peliharaan yang cocok buat anda.
Harga kucing Siam sekitar 1 jutaan. Namun saya kurang tahu itu kualitas yang bagus atau biasa. Yang pasti ada yang jual anakan kucing Siam murah hanya 500 ribuan. Artinya harga 1 jutaan menurut saya sudah lumayan cukup bagus lah untuk harga kucing Siam saat ini.

Referensi : id.berita.yahoo
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger