Kucing British Shorthair

Saturday, October 6, 20120 comments

Kucing British Shorthair
Kucing British Shorthair merupakan salah satu jenis kucing yang cukup populer dalam banyak cat show. Kucing ini menjadi kucing paling populer yang diakui oleh Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) di Inggris sejak 2001 dan mengalahkan kepopuleran kucing Persia.
British Shorthair merupakan keturunan dari kucing yang dibawa ke dataran Inggris oleh bangsa Romawi yang melakukan kawin silang dengan kucing lokal setempat. Kucing hasil kawin silang tersebut kemudian disilangkan lagi dengan kucing Persia untuk mendapatkan bulu yang lebih lebat.
Kucing jenis ini mulai dikenal sejak abad ke-19 dan mengikuti show untuk pertama kalinya pada tahun 1871 yang bertajuk Crystal Palace cat show. Kepopuleran jenis kucing ini menurun pada tahun 1940-an. Namun sejak Perang Dunia II berakhir, program pembiakan kucing British Shorthair dilakukan lagi secara intensif sehingga kepopulerannya perlahan mulai meroket kembali.
Kucing jenis ini memiliki mantel bulu yang padat, mantel mewah yang sering digambarkan sebagai bulu yang tipis dan “crisp”. Matanya besar, bulat, lebar serta memiliki berbagai variasi warna meskipun warna kuning tembaga atau emas pada “British blue” merupakan yang terbaik yang pernah ada.
Menurut standar yang sudah disepakati, kepala kucing British Shorthair berbentuk bulat dengan pipi yang tembem. Tubuhnya besar, kokoh, dan berotot. Memiliki dada, pundak, dan pinggang yang lebar dengan kaki-kaki yang pendek, bentuk cakar membulat, dan ekor yang tidak terlalu berbulu tetapi indah yang ujungnya tumpul.
Ukuran tubuh kucing jantan lebih besar daripada kucing betina. Rata-rata berat kucing jantan adalah 5 – 10 kg, sedangkan betinanya berkisar antara 5 – 7 kg. Sama denagn kucing ras lainnya, kucing British Shorthair jantan yang sudah dewasa biasanya akan memiliki rahang pipi yang lebih menonjol yang membedakannya dengan kucing betina. Rata-rata harapan hidup kucing ini adalah sekitar 14 hingga 20 tahun.
Kucing ras British Shorthair hadir dalam berbagai variasi warna dan corak. Dalam waktu yang lama, varian “Blue” lebih popular dibandingkan dengan varian yang lain. Bahkan varian tersebut memiliki namanya sendiri yaitu “British Blue”. Sampai sekarang pun warna tersebut tetap menjadi yang paling populer meskipun saat ini telah hadir banyak sekali varian lain.
Kucing jenis ini merupakan kucing yang santai, cukup aman jika dekat dengan anak-anak, dan jarang mencakar. Kucing ini memiliki karakter yang stabil dan lebih baik hidup di dalam ruangan. Sehingga sangat cocok dipelihara di apartemen.
Mungkin kucing ini sering tidak menurut saat dipanggil, tetapi kucing ini terkenal suka bermain. Mereka suka mainan seperti tikus-tikusan atau mainan berbentuk batangan. Bukan termasuk kucing yang hiperaktif dan lebih senang tiduran di dekat majikannya dari pada berkumpul dengan kucing lain. 
Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger